Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Dibawah ini adalah sejumlah pertanyaan yang sering diajukan sebagai informasi penting yang wajib diketahui oleh pelapor maupun pengunjung.Klik setiap item pertanyaan untuk membuka rincian penjelasan secara rinci.
  • Siapa www.LAPORANPOLISI.epolmas.com ?
  • Website ini adalah milik perorangan, kami adalah anggota Polri aktif yang peduli dengan kasus2 penipuan online yang marak terjadi,kami bukanlah polisi yang khusus bekerja secara online,kami tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan represif berupa blokir situs dan lain-lain karena tindakan itu membutuhkan pembuktian lebih lanjut terkait dengan UU ITE. Walaupun kami memiliki keterbatasan, kami mencoba membuka saluran khusus untuk menampung pengaduan/laporan dari masyarakat tentang kejahatan di dunia internet, apabila memungkinkan, pengaduan / laporan anda akan kami salurkan kepada bagian yang memiliki kewenangan tersebut. Saluran untuk saling bertukar informasi dan saling memberi solusi agar kejahatan di dunia internet bisa dicegah dan diberantas secara simultan oleh masyarakat dan Polri itu sendiri.
  • Kok Nama Situsnya www.LAPORANPOLISI.epolmas.com?
  • Penamaan www.LAPORANPOLISI.epolmas.com hanyalah branding semata serta mempermudah agar situs ini gampang diakses oleh siapa saja. Ketika seseorang yang baru saja mengalami kejadian/penipuan/kejahatan,pasti seseorang itu mencari cara bagaimana cara melaporkan kejahatan yang baru saja dialaminya. Korban biasanya akan mencari informasi di internet terlebih dahulu dengan cara mengetikkan kata kunci LAPORAN POLISI ONLINE, LAPOR POLISI, CARA LAPOR POLISI, situs laporan polisi dan berbagai kata kunci lainnya. Sehingga harapan kami, masyarakat khususnya korban dapat dengan mudah menemukan website ini. Dan perlu diketahui bahwa website ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari website utama kami yaitu www.epolmas.com (community policing online services) yang berisi tentang PESAN KAMTIBMAS yang kami sajikan secara online, silakan anda kunjungi agar dapat menambah pengetahuan tentang kamtibmas tersebut .
  • Apa Yang Memotivasi www.LAPORANPOLISI.epolmas.com Lahir?
  • Teknologi informasi [internet]semakin maju,pola interaksi social dan bisnis manusia sudah bergeser pada dunia digital. Maka muncullah celah kejahatan yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum peraih keuntungan semata dengan menipu orang lain lewat transaksi online (Jual beli online,sms penipuan,BBM penipuan,email spam dan lain sebagainya). Banyaknya penipuan menggunakan fasilitas online,sudah banyak korban berjatuhan, namun tidak serta merta para korban tersebut melapor kepada pihak yang berwajib (Polri) dikarenakan: 1. Ketidaktahuan mereka tentang prosedur melaporkan kasus penipuan online tersebut, apakah melapor ke Polri tempat domisili korban atau Polri tempat domisili pelaku? 2. Mereka enggan untuk melaporkannya secara OFFLINE karena proses yang dianggap ribet. Di sisi lain, Polri tidak dapat melakukan upaya represif (Kasus Penipuan) tanpa adanya informasi atau laporan dari pihak korban tersebut. Ketiga hal inilah yang justru membuat pelaku kejahatan/penipuan semakin leluasa karena hanya sedikit saja korban yang melaporkan tentang PENIPUAN yang dialaminya kepada Polri. Atas dasar itulah LAPORANPOLISI.epolmas.com hadir untuk mempermudah para korban penipuan untuk melaporkan penipuan yang mereka alami secara online tanpa harus ke kantor polisi terlebih dahulu.Setiap laporan yang masuk [disertai alat bukti transaksi yang cukup] akan kami teruskan ke bagian CyberCrime Mabes POLRI. Diminta ataupun tidak diminta.
  • Lantas Bagaimana Cara Kami Melapor Di LAPORANPOLISI.epolmas.com,Jika Kami Telah Ditipu Secara Online?
  • Caranya sangat mudah.Anda sebagai pelapor cukup melakukan pendaftaran [membuat akun]terlebih dahulu di www.LAPORANPOLISI.epolmas.com Setelah itu,silahkan KLIK konfirmasi melalui link yang terkirim ke alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar. Setelah anda melakukan konfirmasi,silahkan Klik tombol AJUKAN LAPORAN yang tersedia di menu atas situs www.LAPORANPOLISI.epolmas.com. Urut2annya adalah sebagi berikut : Isi judul laporan,pilih kategori laporan[isikan Penipuan toko online biala anda baru saja ditipu oleh toko online]1.Upload bukti transaksi [contoh;bukti transfer,screenshoot sms,percakapan telpon,video dll] 2.Waktu kejadian;Tanggal/Jam 3.Cerita,Kronologi dan alur /modus penipuan yang Anda alami,kemudian isi total kerugian yang anda derita,baik berupa uang maupun barang.Dan terakhir klik BUAT LAPORAN.
  • Selain Penipuan Online,Apakah Kami Bisa Melaporkan Kasus Lainnya?Seperti Kasus Pencurian/Kekerasan Mislanya?
  • Ya,selain menampung laporan kasus penipuan online,www.LAPORANPOLISI.epolmas.com juga menampung serta memfollow setiap laporan kejahatan apapun.Entah itu kejahatan seksual,narkoba,pencurian,perampokan maupun kasus kehilangan [Orang hilang maupun kehilangan benda berharga seperti dompet,KTP,BPKB dsb].
  • Setelah Saya Melapor,Laporan Saya Sampai Kemana?
  • Laporan Anda akan kami moderasi terlebih dahulu,kami periksa apakah berkas laporan anda sudah lengkap/belum. Jika laporan Anda sudah lengkap/laporan anda kurang lengkap,anda akan diberitahu lewat email. Atau anda datang kembali kesitus www.LAPORANPOLISI.epolmas.com kemudian login dan melihat profil [disana akan terpampang jelas berapa jumlah laporan yang anda ajukan,dan laporan mana saja yang telah ditindaklanjuti atau menunggu moderasi. Atau anda bisa juga membuka kembali laporan anda untuk melihat tanggapan,jawaban atau komentar dari pengguna lain dan PAKAR yang membaca laporan Anda.
  • Apakah Saya Bisa Mengedit Atau Meghapus Laporan Saya?
  • Situs www.LAPORANPOLISI.epolmas.com dibangun dengan sistem basis user/pengguna, artinya user yang menginput data. Anda bisa dengan leluasa mengedit, memodifikasi, merubah, menambahkan atau menghapus laporan Anda kapan saja anda mau.
  • Apakah Saya Bisa Menulis Laporan Secara Anonim?
  • Untuk mencegah pencemaran nama baik orang lain,institusi,toko online,nomor telpon ,id BBM dan alamat email AGAR TIDAK DISALAHGUNAKAN oleh kompetitor. Maka kami sangat mensarankan agar anda melapor atas nama anda sendiri,identitas asli anda sendiri. Hal demikian agar Anda bisa mempertanggungjawabkan kebenaran informasi laporan yang Anda berikan.Jangan sekali-kali Anda membuat laporan fiktif dengan tujuan menjatuhkan nama baik orang lain,institusi,toko online,nomor telpon ,id BBM dan alamat email yang menjadi saingan anda,karena hal itu akan terdeteksi dengan sistem kami.
  • Apakah Saya Bisa Memberikan Tanggapan/Jawaban/Sanggahan Kepada Laporan Dari Pelapor Lain?
  • Sangat BISA.Tetapi sebelumnya anda harus menjadi anggota terlebih dahulu,setelah itu anda dapat menanggapi,mengomentari,menjawab atau memberikan sanggahan pada laman laporan pengguna lain. Jika Anda menjadi objek laporan yang sedang dibicarakan pelapor,anda bisa melakukan sanggahan atau bantahan atas laporan tersebut melalui kotak komentar yang tersedia.
  • Apakah Data Saya Aman?
  • Alamat email,nama pengguna dan data lainnya kami simpan secara aman tanpa kami jual kepada pihak ketiga.Anda bisa dengan leluasa menghapus akun anda di www.LAPORANPOLISI.epolmas.com kapan saja anda mau. Dan Anda juga bisa menghapus laporan anda kapan saja.
  • Darimana www.LAPORANPOLISI.epolmas.com Mendapatkan Keuntungan?
  • Kami adalah situs nirlaba yang tidak berorientasi kepada profit.Namun kami membuka lebar2 pintu donasi bagi siapa saja, donasi bisa berupa pemasangan BANNER iklan maupun dengan bentuk lainnya. Walaupun demikian, donasi bukanlah hal yang utama... ada donasi ataupun,kami akan tetap hidup dan terus menampung setiap laporan yang anda berikan dan meneruskannya kepada pihak yang berwajib.
  • Saya Pengguna Biasa,Apakah Saya Bisa Mengajukan Diri Menjadi Moderator Situs www.LAPORANPOLISI.epolmas.com ?
  • Tentu saja.Jika anda aktif di situs kami,melaporkan penipuan,menjawab segala pelaporan dengan kompetensi yang Anda miliki. Anda berkesempatan besar naik peringkat menjadi moderator dengan ditandai CUKUPNYA poin yang anda miliki. Poin anda akan bertambah setiap anda menjawab/mengomentari laporan yang masuk. UNTUK SISTEM POIN DAN PERINGKAT,SILAHKAN BACA DIBAWAH.
  • Sistem Poin
  • Setiap anda mengajukan laporan/memberikan tanggapan,anda akan mendapatkan poin. CARA KERJANYA SANGAT MIRIP DENGAN FORUM TANYA JAWAB YAHOO ANSWERS. Mengirim Laporan: 2 poin Memilih jawaban terbaik bagi laporan Anda: 3 poin Untuk setiap dukungan/jempol terhadap laporan: + 1 poin Untuk setiap unlike terhadap laporan: – 1 poin Batas dukungan terhadap tiap laporan: + 10 poin Batas tolakan terhadap tiap laporan: – 3 poin Mengirim jawaban: 10 poin Jawaban Anda dipilih sebagai jawaban terbaik: 30 poin Untuk setiap dukungan terhadap jawaban: + 2 poin Untuk setiap tolakan terhadap jawaban: – 2 poin Batas dukungan terhadap tiap jawaban: + 20 poin Batas tolakan terhadap tiap jawaban: – 5 poin Mendukung laporan: 1 poin Menolak laporan: 1 poin Mendukung jawaban: 1 poin Menolak jawaban: 1 poin
  • Darimana Logo www.LAPORANPOLISI.epolmas.com Dan Apa Maknanya?
  • Tentang www.LAPORANPOLISI.epolmas.com bukanlah karya desain kami,tetapi logo tersebut kami temukan di internet kemudian sedikit kami modifikasi. Sedangkan pemilik gambar/logo tersebut kami tidak tahu,namun jika anda adalah pemilik logo/gambar tersebut,silahkan hubungi kami dihalaman feedback dan kami akan menghapusnya jika diminta. Sedangkan mengenai makna logo www.LAPORANPOLISI.epolmas.com dapat diartikan sebagai berikut; Topi/PET Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah melambangkan kebesaran dan kedigdayaan Lembaga Polri itu sendiri, oleh karena itu kami sangat bangga,menghormati serta menjunjung tinggi lembaga penegak hukum tersebut. Sedangkan mengenai foto seorang personel polisi yg setengah badan tersebut merupakan tanda bahwa cara kerja www.LAPORANPOLISI.epolmas.com yang secara maya yang jarang diketahui publik.

    Jika ada penjelasan yang tidak anda jumpai pada uraian diatas,silahkan anda menggunakanfeedback form.

    1,840 laporan

    24 tanggapan

    1 komentar

    12,447 pelapor

    Selamat datang di LAPORANPOLISI.epolmas.com Merupakan situs untuk MENCEGAH KEJAHATAN dalam dunia internet, situs untuk berbagi pengalaman dan situs untuk melapor/mengadu kepada polisi secara online. Apakah anda menjadi korban? Apakah anda mengetahui indikasi adanya kejahatan? Laporkan segala bentuk kasus penipuan online maupun kejahatan lainnya melalui situs ini.
    Ayo laporkan!

    DIDUKUNG OLEH:
    Widget
    ...